Tips Mendapatkan Banyak Pembeli Saat Jualan Online [Bisnis Online]

BISNIS ONLINE – Banyak pengusaha kecil yang mencoba keberuntungan dengan menjual barang melaui internet atau online (bisnis online), namun tak sedkit yang gagal dikarenakan sepi pembeli.

Sepi pembeli dapat di akibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya barang yang kita jual sedikit peminatnya, barang yang kita jual sudah terlalu banyak di pasaran, atau karena faktor ketidak percayaan calon pembeli kepada si penjual sehingga memutuskan untuk membeli di tempat lain.

Faktor yang paling utama untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online adalah bagaimana cara kamu dapat menenamkan kepercayaan kepada calon pembeli, bagaimana caranya meyakinkan calon pembeli bahwa kamu adalah penjual yang jujur dan bertanggung jawab.

Tips Mendapatkan Banyak Pembeli Saat Jualan Online [Bisnis Online]

Inilah beberapa hal penting yang harus kamu lakukan untuk menunjang keberhasilan dalam bisnis online agar kamu medapatkan kepercayaan dari calon pembeli:

1. Alamat rumah yang jelas beserta nomor telpon rumah, bukan nomor handphone.

Hampir kebanyakan calon pembeli akan melakukan cek dan ricek terlebih dahulu sebelum membeli, mereka akan melakukan “penyelidikan” untuk menghindari terjadinya penipuan yang bisa saja terjadi kepada mereka.
Salahsatu yang menjadi bahan pertimbangan penting bagi calon pembeli adalah bahwa si penjual memiliki alamat rumah yang jelas beserta nomor telepon rumah yang bisa kapan saja dihubungi, bukan nomor hp.

Pentingnya nomor telpon rumah si penjual bagi para calon pembeli adalah untuk memudahkan mereka menghubungi pihak penjual dan juga agar mudah untuk melakukan pelaporan kepada pihak berwajib jika seandainya si penjual melakukan penipuan, karena nomor telpon rumah dapat mudah ditelusuri dimana alamatnya dan siapakah pemiliknya.

Jadi, sebelum memualai bisnis online pastikan kamu sudah memiliki nomor telopon rumah, dan percayalah nomor telpon rumah merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli.

2. Iklan dan Pemasaran

Menjual barang atau produk secara online memiliki kesempatan untuk mendapatkan calon pembeli lebih banyak, namun tentu saja cara kamu melakuka pemasaran menjadi faktor penentu agar sukses “menjaring” calon pembeli.

Salah satu contoh termudah dalam melakukan pemasaran bisnis online adalah melalui media sosial seperti facebook.
Facebook diibaratkan seperti tempat wisata yang setiap harinya selalu dukunjungi oleh ratusan ribu orang. Dengan banyaknya pengunjung, maka disana ada peluang besar untuk menjajakan barang dagangan agar dapat dilirik dan dibeli oleh mereka.

Mulai sekarang gunakanlah facebook sebagai media untuk melakukan pemasaran. Bertemanlah dengan orang-orang yang menurut kamu orang itu akan memiliki ketertarikan terhadap barang yang kamu pasarkan, contoh:
Jika barang yang kamu jual adalah baju anak-anak, maka perbanyaklah teman facebook ibu-ibu yang sudah memiliki anak, kurangi berteman dengan gadis remaja atau para lelaki karena kemungkinan besar mereka tidak akan perduli dengan produk baju anak yang kamu tawarkan.

Jika mau, kamu dapat menggunakan layanan FB ads (iklan facebook), namun layanan ini berbayar. Dengan menggunakan fb ads barang yang kamu jual akan di tampilkan oleh facebook ke setiap pengguna facebook, tidak hanya ke teman facebook kamu saja.
Penjelasan mengenai fb ads akan saya ulas pada artikel berikutnya.

4. Memberikan jaminan keamanan kepada calon pembeli.

Ketika sedang menawarkan barang, yakinkan kepada pembeli bahwa kamu adalah penjual yang serius, bila perlu berikan screenshoot ktp, sim atau yang lainnya agar calon pembeli merasa aman dan yakin bahwa mereka akan melakukan transaksi dengan orang yang jujur.

5. Jangan kecewakan pembeli

Lakukan pengiriman barang sesuai dengan yang dipesan oleh pembeli, jangan sampai yang dipesan adalah produk A namun yang dikirim produk B.
Informasikan kepada pembeli jika terjadi keterlambatan pengiriman, selalu kabarkan status barang yang mereka beli apakah masih dalam persiapan pengiriman atau sedang dalam perjalanan pengiriman.

Itulah beberapa hal mendasar agar dapat berhasil dalam usaha bisnis online, kunci utamanya adalah satu, yaitu kerja keras yang disertai dengan kejujuran.

Persaingan bisnis online semakin ketat, jadilah seorang penjual yang bertangung jawab, penjual yang dapat dipercaya oleh para pembelinya, maka kesuksesan pun sudah menati di depan mata.

Ada yang ingin ditanyakan?