Penyebab Aplikasi Apple Error, Tidak Bisa Berjalan di iOS 11

Penyebab Aplikasi Apple Error, Tidak Bisa Berjalan di iOS 11 – Pembaruan sistem operasi ke iOS 11 tak akan mendukung berjalannya aplikasi-aplikasi berbasis 32-bit.

Bagi pengembang maupun pengguna perangkat Apple hal ini bukanlah sesuatu yang baik. menurut data, terdapat 187 ribu aplikasi berbasis 32-bit di iOS. Ratusan ribu aplikasi tersebut terancam tidak dapat digunakan karenat tidak bisa berjalan pada iOS 11.

Aplikasi-aplikasi yang tidak bisa berjalan di iOS 11 kemungkinan akan tetap ada di App Store, agar pengguna yang tidak bisa memperbarui perangkatnya ke iOS 11 masih bisa menggunakan aplikasi berbasis 32-bit tersebut.

Tidak menutup kemunbkinan, lambat laun, Apple akan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari App Store.

Berdasarkan hasil analisis dari Sensor Towers, kebanyakan aplikasi-aplikasi yang berbasis 32-bit di iOS adalah berjenis gim. Bahkan, diantara 38 ribu adalah aplikasi gim yang tidak akan bisa digunakan pada iOS 11.

Selain gim, jenis aplikasi-aplikasi berbasis 32-bit lainnya adalah jenis aplikasi edukasi, hiburan, dan yang mendukung gaya hidup.

Namun meskipun demikian, kamu dapat mengecek apakah aplikasi yang kamu pasang di perangkat iPhone kamu berbasis 32-bit atau bukan.

Cara cek aplikasi berbasis 32-bit atau bukan di iPhone:
Setting > General >About > Application.

Setelah itu, setiap aplikasi yang berbasis 32-bit pada iPhone kamu akan muncul. Jika tidak ada satu pun aplikasi pada iPhone kamu, tidak akan ada nama aplikasi yang muncul dalam daftar tersebut.

Jika dibandingkan dengan tahun 2009, 187 ribu aplikasi terhitung sedikit jumlahnya, sebab pada tahun 2009 hanya ada 100 ribu aplikasi di toko aplikasi App Store. Sedangkan pada saat ini, di App Store terdapat lebih dari 2,4 juta aplikasi.

Pada bulan Januari 2017, Apple sempat mengeluarkan pemberitahuan pada iOS 10.3 beta 1, bahwa sejumlah aplikasi berbasis 32-bit tidak akan bisa dibuka.

“Aplikasi 32-bit tidak akan dapat berjalan pada iOS versi ini. Pengembang aplikasi ini harus memperbarui dan meningkatkan kecocokan antara aplikasi dengan iOS,” demikian pemberitahuan Apple.

Apple berharap, pengguna iOS akan menekan pengembang untuk memperbarui aplikasinya sehingga tetap bisa digunakan pada iOS 11.

Ada yang ingin ditanyakan?