Inilah Perbedaan Whatsapp Business dan Whatsapp Messenger yang Harus Diketahui

Perbedaan whatsapp business dan whatsapp messenger | WhatsApp merupakan salah satu aplikasi instant messaging dengan pemakai aktif mencapai satu miliar orang setiap harinya di seluruh dunia. Hal ini karena, salah satunya WhatsApp mempunyai banyak dukungan lewat kemudahan pemakaian di berbagai platform.

Yang terbaru, WhatsApp sudah resmi merilis versi final dari WhatsApp Business. Mungkin anda bertanya-tanya apa perbedaan whatsapp business dan whatsapp messenger yang baru diluncurkan ini. WhatsApp Business ini juga sudah dirilis pada layanan Google Play Store di berbagai negara, seperti Inggris, Amerika Serikat, Italia, Meksiko,  juga Indonesia. Mungkin dalam beberapa waktu ke depan akan menyebar ke seluruh belahan dunia.

Perbedaan whatsapp business dan whatsapp messenger

Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger

Whatsapp Business khusus ditujukan bagi para pebisnis, dengan menawarkan layanan untuk membantu mengembangkan perusahaan baik skala mikro, menengah, sampai yang besar. Nah, sebelum anda mengunduh dan menginstallnya, ketahui terlebih dahulu perbedaan whatsapp business dan whatsapp messenger berikut ini :

Logonya Berbeda

Perbedaan whatsapp business dan whatsapp messenger yang sangat mendasar berada pada logo. Bila pada WhatsApp Messenger memakai ikon telepon, berbeda dengan WhatsApp Business yang memakai huruf besar B di area tengahnya.

Informasi Detail Profil Perusahaan

Karena khusus untuk para pengusaha, WhatsApp Business mengharuskan anda untuk mengisi informasi detail profil perusahaan. Anda dapat memberikan informasi waktu layanan, deskripsi dan alamat perusahaan. Sayangnya, untuk bagian nama perusahaan, WhatsApp Business tak mengizinkan perubahan setelah anda menginputnya pertama kali.

Pemilihan Kategori Bisnis yang Dimiliki

Penargetan WhatsApp Business tidak hanya untuk perusahaan besar saja, tetapi juga untuk para pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di sini anda dapat memilih kategori bisnis yang dimiliki setelah melakukan pendaftaran. WhatsApp menyuguhkan berbagai macam kategori bisnis yang dapat dipilih. Meskipun pilihan anda tidak ada disana, tinggal klik saja opsi ‘Others’.

Tambahan Nomor Perusahaan

Perbedaan whatsapp business dan whatsapp messenger selanjutnya yaitu, WhatsApp Business mengizinkan anda untuk mengisikan nomor telepon perusahaan selain nomor ponsel yang didaftarkan. Akan tetapi, untuk dipakai dalam satu handphone yang sama, anda wajib mempunyai dua nomor telepon ponsel yang berbeda untuk setiap aplikasi.

Fitur Auto-Reply Pesan

Nah, untuk memudahakan membalas pesan para pelanggan, WhatsApp Business menyuguhkan fitur Auto-Reply untuk membalas pesan secara otomatis. Hal ini sama dengan fitur bot penyaringan pesan berdasarkan keyword yang dimasukan. Anda dapat mengatur balasan pesan ke pelanggan langsung, atau menjadwalkannya sesuai dengan jam operasional perusahaan.

Statistik Pesan Diterima dan Pesan Terkirim

Untuk mengetahui rincian transaksi yang sudah dilaksanakan, WhatsApp Business juga menyuguhkan statistik yang dapat memudahkan pekerjaan anda. Aplikasi ini dengan otomatis akan mendata banyaknya pesan diterima dan pesan dikirim dalam akun perusahaan tersebut.

Tanda Verifikasi

Jika WhatsApp Messenger tidak menyuguhkan fitur verifikasi pada nomor telepon yang didaftarkan. Nah, untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan, WhatsApp Business menyediakan fitur verifikasi pada setiap pengusaha yang bergabung.

Beda dengan media sosial lainnya, seperti Instagram, Twitter yang memberikan ceklist warna biru, WhatsApp Business memberikan ceklist warna hijau kepada perusahaan yang sudah diverifikasi oleh pihak WhatsApp.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa perbedaan whatsapp business dan whatsapp messenger yang wajib anda ketahui sebelum menginstall aplikasi ini. Sama seperti Line,  nampaknya WhatsApp membidik sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan dari aplikasi instant messaging ini untuk keperluan bisnis. Semoga bermanfaat.

Ada yang ingin ditanyakan?